Kegiatan mendaki gunung bukanlah hal mudah, kegiatan tersebut kegiatan yang ekstrem, perlu dilakukan persiapan-persiapan yang matang, karena tidak jarang kondisi medan maupun cuaca menuntut pendaki untuk ekstra dalam hal persiapannya. Bagi pemula pun hal dalam mempersiapkan pakaian sangat diperlukan agar yang dibawa tidak terlampau banyak maupun tidak kekurangan. Berikut ini sedikit tips untuk mempersiapkan pakaian apa saja yang dibawa maupun dipakai saat perjalanan :
  1. Perhitungkan berapa hari kita akan melakukan perjalanan, manajemen waktu juga harus ikut dilibatkan agar tidak terlalu sering ganti pakaian atau malah tidak ganti sama sekali.
  2. Saat packing pakaian sebaiknya dibungkus dengan menggunakan plastik (plastiknya sebaiknya plastik yang ada perekatnya) untuk memisahkan antara pakaian yang belum dipakai dan sudah dipakai ataupun kotor. Hal ini sangat mempermudah packing dalam carrier, sehingga barang yang ada di carrier tidak berantakan. Penggunaan plastik juga melindungi pakaian kita dari basah atau lembab. Hal ini sangat disarankan apalagi jika carrier yang digunakan tidak kedap air.
  3. Untuk bawahan bisa digunakan celana panjang yang ringan dan gampang kering, disarankan menggunakan celana outdoor. Celana pendek pun tidak masalah asal itu bukan hot pants, hihihihi. Jika medannya masih semak yang lumayan rapat gunakan celana panjang agar tidak banyak terluka oleh semak-semak. Jangan gunakan jeans karena kalau basah bisa berat dan jeans itu menyerap dingin. Untuk para wanita juga bisa menggunakan  rok celana yang sekarang sudah bisa didapat dengan mudah. Pilihlah warna yang tidak terlalu terang saat mendaki supaya tidak gampang keliatan kotor.
  4. Untuk atasan gunakan baju yang ringan juga dan gunakan bahan yang meresap keringat jangan bahan kayak kebaya ya, hehhehe.. Untuk warna atasan disini bebas mau terang ataupun gelap, supaya gampang dikenali mungkin ada yang suka pake warna yang terang, tapi jika ada yang ga suka telihat kotor bisa juga digunakan warna gelap.
  5.  Jaket,,, ini pakaian yang paling penting dan kudu dibawa kalau sedang mendaki, apalagi untuk orang yang tidak tahan dingin. Jaket ini bermacam-macam tipenya mulai dari jaket untuk menahan dingin saja sampai jaket yang waterproof dan juga windproof. Nah soal harga sesuai sama fungsinya, jaket yang multifungsi bisa di bilang harganya lumayan.
  6. Aksesoris pakaian seperti kupluk, sarung tangan, kaos kaki bisa ditambahkan untuk menahan dinginnya angin malam.



Sekian infonya, semoga bermanfaat.. salam lestari !!


0 comments:

Post a Comment